Senin, 18 Maret 2013

Trik Mengatasi Error P08 pada Printer Canon MP258

Habis buka puasa tadi, kakak saya minta tolong utuk mengecek printer-nya yang katanya error lagi, tidak mau nge-print. Tipe printer kakak saya ini adalah Canon Pixma MP258. Setelah mencoba menyalakan printer, saya lihat yang muncul pada led adalah angka "1", artinya tidak ada masalah.


Saya pun bertanya sebenarnya masalahnya apa, dia cuman minta saya untuk mencoba nge-print. Benar saja, printernya menolak perinta saya (hehhee), tidak mau nge-print dan led printer menunjukkan "P08". Apa artinya nih ?? Saya pun mencoba trik pertama dengan menahan tombol "Stop/Reset" selama beberapa detik, namun sama sekali tidak ada reaksi dari printer.

Trik kedua pun akhirnya dilakukan dan Alhamdulillah trik-nya bekerja dan problem solved. Bagaimana Trik Mengatasi Error P08 pada Printer Canon MP258 ? Berikut adalah langkah-langkahnya.
  1. Dalam kondisi printer menunjukkan error "P08", matikan printer.
  2. Tekan tombol "Stop/Reset", tahan.
  3. Tekan tombol "ON", tahan. Lepaskan tombol "Stop/Reset"
  4. Tekan tombol "Stop/Reset" 2X, kemudian lepaskan tombol "ON". Tunggu printer bekerja sampai led menunjukkan angka "0". 
  5. Matikan printer.
  6. Tekan tombol "Stop/Reset", tahan.
  7. Tekan tombol "ON", tahan. Lepaskan tombol "Stop/Reset"
  8. Tekan tombol "Stop/Reset" 4X, kemudian lepaskan tombol "ON". Tunggu printer bekerja sampai led menunjukkan angka "1".
  9. Matikan printer, lepaskan kabel power. Tunggu sekitar 2 - 5 menit.
  10. Pasang kembali kabel power. Tekan tombol "ON"
Mudah-mudahan setelah melakukan langkah-langkah ini printer anda bisa bekerja kembali. Jika ternyata belum berhasil, coba ulangi, perhatikan dengan teliti (khususnya pada bagian tahan dan lepas) dan pastikan anda mengikuti langkah-langkah di atas secara benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar