Senin, 18 Maret 2013

Trik Mengatasi Error P02 pada Canon MP258

Trik Mengatasi Error P02 pada Canon MP258

Akhir-akhir ini saya punya kerjaan rutin tambahan di kantor, mana gratis lagi, hufffhh.Maaf, bukannya mengeluh tapi menyayangkan. Menyangkan karena tidak dibayar, padahal kalau di tukang service paling rendah biayanya 25 ribu rupiah. Lumayan kan ??? Hehheee, koq jadi curhat seehh..


Begini, printer Canon MP258 di kantor hampir setiap hari mengalami error dengan kode p02. Kode error p02 ini melaporkan dua kemungkinan. Yang pertama, kemungkinan kertas tersangkut pada tray. Yang kedua, kemungkinan ada sesuatu yang menghambat gerakan cartridge.

Jika anda bertemu dengan error seperti ini, jangan khawatir karena trik untuk mengatasi error p02 pada canon MP258 sangat sederhana dan mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Jika error P02 diakibatkan oleh kertas yang tersangkut pada tray, maka solusinya cukup dengan mematikan printer kemudian menyalakannya kembali. Kertas secara otomatis akan keluar.
  • Jika error P02 diakibatkan oleh adanya sesuatu yang menghalangi cartridge, maka langkah-langkah selanjutnya akan mengatasi masalah anda.
  • Dalam keadaan printer menunjukkan P02 pada led, buka cover printer.
  • Dalam keadaan normal rumah cartridge tidak akan bisa anda gerakkan ke kiri ataupun ke kanan dengan mudah. Tapi jika printer dalam keadaan error P02 maka rumah cartridge bisa anda gerakkan dengan mudah.
  • Yang perlu anda ketahui, penyebab kedua ini umumnya hanya hanya terjadi pada printer yang menggunakan infus karena "sesuatu" yang menghalangi cartridge adalah selang infus.
  • Cari posisi selang yang paling baik dan tidak menghalangi gerakan cartridge. Gerakkan rumah cartridge ke kiri dan ke kanan untuk memastikan gerakan cartridge tidak lagi terhalang oleh selang infus.
Langkha-langkah di atas sangat sederhana. Jangan pernah berpikir untuk menyulitkan diri anda dengan melakukan reset printer karena ini sama sekali tidak berhubungan dan tidak menyentuh masalah. Bagi anda yang mengalami error dengan kode P08, silakan cek trik untuk mengatasinya

27 komentar:

  1. Terima kasih atas tutorialnya, mantap

    BalasHapus
  2. mas printer saya eror 02 ketika saya membersihkan bantalan catriknya ada kotoran yang menggajal laju ketrik, namun setelah dipasang kok malah bunyi catriknya mengerikan sekali. mohon pencerahannya......
    tanksssssssssssssssssssss

    BalasHapus
  3. Benar ERROR P02 printer MP287 yang menggunakan infus, solusinya CABUT SELANG INFUS printer langsung normal kembali...thank's infonya.

    BalasHapus
  4. printerku error p02 tapi sdh ku cabut selang infusnya tdk bsa normal jg. ada solusi lain kah?

    BalasHapus
  5. sya jg punya mp 258 dan 287. dua2nya eror p2 bukan p02. error p2 kira2 kerusakan dmn ya ? ud bongkar abis dan dibersihkan kaaya baru tp ttp eror p2

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya saya juga sma p2,tpi udah saya ganti pick up roolnya masih sama aj gan

      Hapus
    2. Error p02 coba periksa alat sensor warna bening dibelakang head catridge. Biasax kotor

      Hapus
  6. terima kasih banyak tuts nya...
    padahal saya udah bawa printer ini ke tempat servis. masih belum bisa ngeprint.
    pas diliat di kolong ujung nya. ternyata emang bener ada kertas.

    semoga sukses.

    BalasHapus
  7. Mau tanya kalo saya punya printernya ga pake selang infus tetapi refil. penyelesaiannya gimana yah ?
    baru pertama kali pake reffil padahal.
    tolong bantuannya

    BalasHapus
  8. pengalaman ku eror p02 itu biasanya lok ndak selang nyangkut yah tutup catrige kurang pas, tapi biasanya selangnya kepanjangan yg d dalam printer,coba selang yg d dlam printer d buat pas,ndak terlalu kepanjangan,sehingga tdk mengganggu jalannya printhead

    BalasHapus
  9. Error p02, cartridge "menghentak" dari arah kiri ke kanan dgn sangat keras suaranya.. "jedaaaak!!.." Ada yang tau cara perbaikinya?!..

    BalasHapus
  10. Error p02, cartridge "menghentak" dari arah kiri ke kanan dgn sangat keras suaranya.. "jedaaaak!!.." Ada yang tau cara perbaikinya?!..

    BalasHapus
  11. printer gak pke infus trus eror p2 gimana?

    BalasHapus
  12. Cara mengatasi Eror 5012 printer canon mp287 gmana ya gan??

    BalasHapus
  13. maaf gan, mungkin ada baiknya jika sumber asli dari tulisan yang anda copas, anda cantumkan.. salam..
    mirip dengan ini gan :
    http://www.pustakatrik.com/2012/02/trik-mengatasi-erro-p02-pada-canon.html

    BalasHapus
  14. Terimakasih atas tutorialnya, sangat membantu

    BalasHapus
  15. Terimakasih atas informasinya sangat berguna sekali

    BalasHapus
  16. printer mp 287 error p2,gan. pas dihidupkan langsung keluar tulisan p2 bukan p02. scanner tak mau jalan. sudah saya ganti scannernya masih begitu juga. kira-kira dimana salahnya, gan ? mohon bantuannya gan, terima kasih.

    BalasHapus
  17. Kak printer saya, kalau memprint tidak ad keliahatn tulisannya

    BalasHapus